Juni 13, 2011

Good Omens: Pertanda-Pertanda Baik

Good Omens: Pertanda-Pertanda BaikGood Omens: Pertanda-Pertanda Baik by Terry Pratchett

My rating: 3 of 5 stars


pertanda apa jika malaikat dan setan duduk bersama, mengendarai mobil berkeliling kota, atau sekedar ngobrol dan membahas tentang manusia? jika malaikat dan setan ditakdirkan memiliki kebaikan dan kejahatan absolut, maka manusia ditakdirkan untuk memiliki kedua na. hidup dalam asuhan malaikat dan setan membuat manusia memiliki perpaduan kedua sisi tersebut. dan aneh na... justru ketika manusia baik itu, kebaikan na bisa melebih malaikat. begitu pula manusia jahat yang kejahatan na kadang tak terpikirkan oleh setan sekalipun. jadi salah siapa jika manusia selalu bilang kejahatan itu bujukan setan? (padahal setan na sendiri tidak terpikir ide untuk kejahatan itu)

dan di buku inilah, tanda akhir jaman dititiskan pada wujud manusia. seperti tanda penebusan yang juga mewujud menjadi manusia, mungkin inilah yang menjadi fantasi dari para penulis na. hanya saja... ketika penebus manusia ini menjalankan peran na di dunia, maka tanda akhir jaman ini terlalu penuh dengan cinta dan... mampukan dia melakukan tugas na?

sedangkan malaikat dan setan sendiri, karena terlalu lama na di dunia manusia, menjadi saling terbiasa satu sama lain akhir na pun terkena imbas manusia. bukan lagi setan dan malaikat dengan kejahatan dan kebaikan absolut, tapi masing-masing saling mencemari. setan yang punya sisi kasih dan malaikat yang kadang bejat.

sebagai buku yang dihasilkan dari dua penulis, mungkin inilah cara mereka bercakap-cakap tentang kritikan akan dunia. bahasa penulis, maka diskusipun adalah sebuah imajinasi yang dapat dibukukan. ketidakadilan, peperangan, musibah dan perilaku-perilaku lain yang menyebabkan ingin rasa na mengenyahkan manusia dan membentuk manusia-manusia baru dengan habit baru.

jadi mengingat imajinasi masa kecil, yang... merasa banyak banget peminpin yang koruptor, pemerintah yang main menang sendiri, orang-orang egois yang hanya berpikir untuk mereka dan kaum na saja. ingin rasa na menghilangkan mereka semua dan mengganti na dengan kaum muda yang masih lengkap dengan idealisme na. memulai kehidupan yang baru, budaya baru dan meniadakan kekurangan pemerintahan masa lalu. namun... kembali lagi terbentur pada pertanyaan, bagaimana cara na?

lagi pula, sistem kaderisasi kemungkinan besar ada di setiap keluarga. baik keluarga inti maupun keluarga kedua. jika golongan tua sudah dihapus, belum tentu hal-hal yang tidak diinginkan dari mereka ikut hilang, karena budaya mereka itu sudah dikaderkan pada penerus na. jadi... tepatlah untuk membaca kisah ini.

bahwa semua yang sudah tertulis, bisa dihapus ;) -***-


View all my reviews

0 komentar:

 
Copyright 2009 footprint